Sabtu, 14 September 2013

PEMBUATAN ALAT DESTILASI SEDERHANA


I.TUJUAN

Dapat membuat alat destilasi yang sederhana dan efesien

II. DASAR TEORI

Distilasi adalah metode pemisahan berdasarkan perbedaan titik didih komponen-komponen yang ada di dalam campuran. Distilasi biasa dilakukan untuk pemisahan campuran yang memiliki perbedaan titik didih yang cukup besar. Sedangkan distilasi uap dilakukan untuk pemisahan campuran yang memiliki perbedaan tekanan uap jenuh yang cukup antara komponen-komponen yang ada pada campuran. Pada distilasi uap, uap yang digunakan biasanya berupa uap air. Selain itu distilasi juga dapat dilakukan pada tekanan di bawah tekanan atmosfer. Metode ini dikenal sebagai distilasi pengurangan tekanan. Distilasi pengurangan tekanan dilakukan apabila komponen akan mengalami dekomposisi pada titik didihnya. Bila selisih titik didih komponen-komponen yang ada pada campuran kecil maka komponen alat distilasi ditambah dengan kolom vigreux.      Dalam penyulingan, campuran zat dididihkan sehingga menguap, dan uap ini kemudian didinginkan kembali ke dalam bentuk cairan. Zat yang memiliki titik didih lebih rendah akan menguap terlebih dahulu. Metode ini termasuk sebagai unit operasi kimia jenis perpindahan massa. Penerapan proses ini didasarkan pada teori bahwa pada suatu larutan, masing-masing komponen akan menguap pada titik didihnya. 

III. ALAT DAN BAHAN

1)     Selang tahan panas , berukuran 60 cm
    2)     Botol tahan panas 1 buah
    3)     Kaleng bekas 1 buah
    4)     Tempat makan 1 buah
    5)     Triplek sekucupnya
    6)     Linlin dan korek 1 buah
    7)     Panci
    8)     Heater 

IV. CARA KERJA

1)   Persiapkan alat alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan alat destilasi sederhana 
2)  Lubangi tempat makan yang akan dijadikan pendingin/kondensator di bagian samping kanan dan kiri menggunakan lilin dan api (sesuaikan dengan diameter pipa yang terdapat diselang tahan panas)
3)  Lubangi kaleng yang akan dijadikan penampung bahan awal dibagian tutupnya(sesuaikan dengan diameter pipa)
    4)   Masukkan selang tahan panas kedalam tempat makan/kondensator
5)  Tambal lubang yang telah dimasukkan selang dengan menggunakan triplek secukupnya dan aquaproof agar tidak bocor, diamkan hingga perekat tersebut kering
6)   Hubungkan kedua ujung selang/pipa ke dalam botol plastik dan kaleng yang sudah dibolongkan tadi
    7)   Tambal juga lubang yang terdapat pada kaleng dan tutup botol plastic
    8)   Diamkan hingga perekat tersebut kering

V. PEMBAHASAN

             Alat destilasi sederhana ini terdapat beberapa permasalahan diantaranya ; Pada pengujian alat destilasi mengalami permasalahan pada  bagian lubang kondensor , aquaproof yang digunakan untuk menutup lubang tersebut agar tidak terjadi kebocoran tidak berfungsi dengan baik . Maka pada saat pengujian air tape air yang keluar dari kondensor cukup banyak , mungkin itu bisa dikarenakan juga karena aquaproof yang belum kering . Tetapi alat ini masih bisa digunakan untuk proses destilasi .

VI. SARAN 

           Jika ingin menggunakan/membuat alat ini , sebaiknya lem yang digunakan untuk menutup lubang kondensor menggunakan lem besi/lem-lem yang kuat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar